Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Jenis Vitamin B Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Ketahui Jenis Vitamin B Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung


Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran penting dalam proses metabolisme sel. Ada 8 jenis vitamin B yang perlu kita ketahui, yaitu Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Asam pantotenat), Vitamin B6 (Piridoksin), Vitamin B7 (Biotin), Vitamin B9 (Folate) dan Vitamin B12 (Cobalamin). Berbagai jenis dari vitamin B tersebut memiliki manfaat dan peran yang berbeda - beda dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa jenis vitamin B yang diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.


Berikut ini merupakan beberapa jenis vitamin B yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung, yaitu :

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Thiamin atau vitamin B1 merupakan jenis vitamin B yang bekerja dengan cara membantu produksi neurotransmitter asetilkolin. Neurotransmitter merupakan senyawa kimia yang bertugas menyampaikan sinyal pada sistem saraf. Pada sistem saraf jantung, asetilkolin bertugas menyampaikan sinyal antara saraf - saraf dan otot jantung supaya otot jantung selalu berfungsi dengan baik. Kekurangan asupan vitamin B1 tentunya dapat mempengaruhi kesehatan jantung anda. Kondisi ini bisa membuat detak jantung anda menjadi tidak teratur dan lambat laun dapat mempengaruhi fungsi jantung serta dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, kekurangan asupan thiamin juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit beri - beri. Kondisi ini tentunya berdampak pada kesehatan tubuh yaitu memicu terjadinya pembengkakan jantung, penumpukan cairan pada kaki, peningkatan tekanan pembuluh vena. Kerusakan saraf, serta gagal jantung kongestif.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin merupakan salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Pada orang yang mengalami penyakit jantung koroner, kondisi tekanan darah tinggi tentunya dapat memperparah penyakit yang anda alami. Sehingga, anda membutuhkan asupan riboflavin untuk mengatasinya. Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 bisa dikatakan sangat jarang, tetapi dampaknya bisa mempengaruhi seluruh sistem tubuh anda. Beberapa gejala yang dapat muncul ketika tubuh anda mengalami kekurangan vitamin B diantaranya terjadinya gangguan kulit, hiperemia, penumpukkan cairan pada mulut dan kerongkongan, masalah sistem reproduksi, serta gangguan pada hati dan sistem saraf.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin B kompleks pada setiap orang cenderung berbeda - beda. Untuk kebutuhan harian vitamin B1 pada laki - laki sebanyak 1,2 mg dan vitamin B2-nya sebanyak 1,3 mg. Sedangkan kebutuhan harian vitamin B1 dan B2 pada wanita adalah sebanyak 1,1 mg. Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B1 dan b2 dengan beberapa cara, mulai dari mengkonsumsi suplemen khusus, hingga mengkonsumsi beberapa jenis bahan makanan yang mengandung kedua jenis vitamin B tersebut. 



Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki kandungan vitamin B1 dan B2 dalam jumlah tinggi, yaitu :
  • Biji - bijian dan kacang-  kacangan utuh seperti beras putih, beras merah, kacang hitam, kacang merah, kacang almond, biji bunga matahari, oatmeal, dan quinoa.
  • Ikan dan makanan laut seperti tuna, kakap, kerang, tiram, salmon, dan ikan kod.
  • Daging dan organ seperti daging sapi, daging ayam, dan hati sapi.
  • Produk susu seperti susu segar, yoghurt, dan keju.
  • Sumber nabati lain seperti apel, bayam, dan jamur.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search